MASUK AKSES ANGGOTA DAFTAR MENJADI ANGGOTA
home / profil biker / Isao Sakata, Harmonisasi Dalam Mendesain

Isao Sakata, Harmonisasi Dalam Mendesain

Senin, 17 Desember 2012

"Saya tidak pernah mengikuti pakem Function Follow Design ataupun Design Follow Function. Saya akan menerapkan yang mana saja bila diperlukan. Jadi menyesuaikan dengan kebutuhan. Yang terpenting adalah harmonisasi ketika mendesain" jelas Isao Sakata selaku Chief Design GK Dynamics.

Saat ini tren Design Follow Function lebih marak sehingga desain motor akan begitu-begitu saja. Padahal bagi desainer dalam kondisi ideal kebebasan dalam bereksprimen menciptakan hal yang baru merupakan kepuasan tersendiri.

Sebagai contoh, yang melihat sekilas V-Ixion Lightning tidak dilengkapi dengan rear grip sebagai pegangan boncenger sebagaimana generasi sebelumnya. Akan tetapi Sakata tetap memperhitungkan kenyamanan pembonceng ketika berkendara karena dibawah ada panel bodi yang cukup kokoh untuk berpegangan. Disini terlihat, desain tetap tajam mengikuti garis bodi di depan tapi fungsi tidak dihilangkan.Disini terlihat peran Function Follow Design dominan. Meskipun demikian, overall Sakata-San memiliki cita rasa tersendiri ketika mendesain New V-Ixion piawai menggabungkan function dan design dalam harmonisasi yang secara estetika tetap sedap dipandang tanpa harus kehilangan fungsi.  

Sakata-San, pria kelahiran Saitama (Jepang), 9 Februari 1977 juga menjelaskan GK Dynamics merupakan rumah desain yang telah bekerjasama dengan Yamaha lebih dari 60 tahun. Karya perdana GK Dynamics adalah Yamaha YA-1 atau yang biasa disebut pula Akatombo yang bermakna Red Dragonfly (Capung Merah).GK Dynamics sendiri merupakan akronim dari Group of Koike.

Pria alumni dari Tokyo University of the Arts ini mengaku membutuhkan ketenangan dalam mendesain sepedamotor. Mengenai waktu dari pikiran diwujudkan dalam bentuk desain, dia enggan menjabarkannya kepada MotMod.

 

Arigatoo Sakata San

BIKER TERKAIT

  • ARRC 2016 : Anthony West Pastikan Diri Balap di SS600

    Kamis, 31 Maret 2016 220 views

    Pembalap Moto2 Anthony West, yang berpartisipasi sejak 2010 hingga 2015 sudah memastikan diri berpartisipasi di kelas utama FIM Asia Road Racing Championship (ARRC). Ini berarti West akan menjadi satu dari 9 pembalap ...

  • Rafi Ade, Crosser Belia Masa Depan Indonesia

    Rabu, 17 Juni 2015 932 views

    Motor cross memang olahraga otomotif roda dua yang kurang populer dibandingkan dengan road race baik itu motor underbone maupun super sport. Tapi jangan salah, meskipun mungkin tak sepopuler saudaranya di aspal motor ...

  • Agung Didu Sekarang Langsing Lho !

    Selasa, 11 Maret 2014 3.967 views

    Akhir tahun lalu, MotMod temui Agung Didu masih bertubuh gemuk dan muka chubby. Nah... di seri pembuka MotorPrix Region 2 ada yang lain dari bocah yang kini menginjak usia 11 tahun ...

BERI KOMENTAR

FOTO MINGGU INI

Tarik Mangggg !!!

FACEBOOK